Sejarah Akademi Kebidanan Cianjur

 

Akademi Kebidanan Cianjur berdiri sejak tahun 2005 sesuai dengan Surat Rekomendasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nomor 421.4/18450.A.SDK tertanggal 10 Oktober 2005, Rekomendasi Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) DepkesRI. Nomor HK.03.2.4.1.00177 tertanggal 19 Juli 2006, dan Izin Mendiknas RI. Nomor 120/D/O/2006 tertanggal 18 Juli 2006.Akademi Kebidanan Cianjur berada di bawah naungan Yayasan Priangan Cianjur.Dimana pada saat ini Akademi Kebidanan Cianjur telah memiliki ijin perpanjangan operasional pendidikan Nomor 4232/D/T/2008 yang dikeluarkan pada tanggal 28 November 2008.

Akademi Kebidanan Cianjur dalam perkembangannya telah melaksanakan proses pendidikan sesuai dengan arah dan tujuan perguruan tinggi dimana sebagai landasan utamanya adalah Tri dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri atas: pengajaran, penelitian,dan pengabdian kepada masyarakat. Aplikasi dari Tri dharma perguruan tinggi yang telah dan sedang dijalankan oleh Akademi Kebidanan Cianjur dimaksudkan untuk membangun suasana akademik yang kondusif dan menjadi wahana dalam pengembangan ilmu pengetahuan dibidang kesehatan, khususnya kebidanana gar  tercipta sumber daya kesehatan yang unggul dan professional.

Dalam rangka memenuhi tuntutan akuntabilitas terhadap masyarakat, Akademi Kebidanan Cianjur senantiasa mengikuti kebijakan Pemerintah baik Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional yang harus melaporkan kegiatan proses belajar mengajar tiap semesterat aupun Kebijakan Departemen Kesehatan yang sebagai stakeholder atau pengguna lulusan Akademi Kebidanan Cianjur senantiasa selalu manut dan taat pada aturan. Indikatornya bahwa pada tahun 2008 Akademi Kebidanan Cianjur termasuk Institusi Pendidikan yang tepat waktu mendapatkan perpanjangan Izin Operasional dari Mendiknas RI karena selalu rutin memberikan Laporan semesteran (Laporan 034)  tepat waktu. Bahkan Akademi Kebidanan Cianjur sejak tahun 2008/2009 telah mengikuti Sipensimaru Depkes RI sebagai satu niatan dalam menjaga dan menjamin kualitas lulusan. Selain itu untuk menjaga akuntabilitas kepada masyarakat.  Berdasarkan Surat  Keputusan Nomor :029/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-III/III/2010 Tertanggal 5 Maret 2010 tentang status, peringkat dan hasil akreditasi program Diploma III (DIII) di PerguruanTinggi dalam penilaian tahun 2009 bahwa Akademi Kebidanan Cianjur telah dilakukan Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional  PendidikanTinggi (BANPT).